Saturday, March 12, 2011

ILMU DOKUMENTASI PERPUSTAKAAN


A.    Definisi  Dokumen

  
              Dokumen adalah benda – benda yang bernilai informasi seperti berupa lembaran kertas bergambar, terukir, terpahat, strutur organisasi, papan statistic, tata kerja, denah atu maket gedung, papan nama pejabat inti dikantor.
Dukimen merupakan wahana wadah pengetahuan, karena dalam dokumen disimpan pengetahuan yang diperoleh manusia serta segala sesuatu yang diingat manusia.

               Dalam dunia dokumentasi, dokumen ilmiah dibagi menjadi 3 jenis yaitu : dokumen primer,dokumen sekunder, dan tersier. Dokumen ilmiah itu sendiri merupakan dokumen yang memuat informasi ilmiah yaitu informasi logis yang diperoleh dari proses kognitif yang mencerminkan pendapat yang objektif. Dalam berbagai buku istilah dokumen sering diganti denagn istilah literatur, karena itu pengertian dokumen primer sama juga dengan litertur primer.

B.  Pembagian Dokumen Menurut Ketajaman Analisisnya

1.      Dokumen Primer
Dokumen primer merupakan dokumen asli yang disiapkan oleh pengarang. Dengan kata lain, dokumen primer adalah dokumen  yang berisi informasi hasil penelitian dan kajian yang dilakukan sendiri, penelitian mengenai aplikasi sebuah teori abaru, penjelasan sebuah teori  baru, penjelasan sebuah teori dalam semua bidang ilmu pengetahuan.

Yang termasuk dalam dokumen primer  antara lain:
a.      Majalah ilmiah
Majalah merupakan dokumen penting. Majalah ilmiah memuat hasil penelitian atau penjelasan sebuah teori atau penerapan dari sebuah teori. Isi majalah ilmiah tergantung pada sifat masing – masing majalah, biasanya majalah ilmiah diterbitkan oleh organisasi profesi, organisasi ilmiah, badan ilmiah, serta paerhimpunan teknik cenderung memuat hasil penelitian dasar serta aspek teknis sebuah subjek.
b.      Laporan Penelitian
Adalah laporan mengenai penelitian dan pengembanmgan yang dilakukan oleh ilmuwan perorangan, lembaga penelitian, perusahaan swasta maupun badan pemerintah.
c.       Paten
Paten  termasuk dokumen primer karena mneruopakan bukti pendaftaran sebuah invensi baru atau penerapan baru  sebuah gfagasan ataupun penjelasan sebuah alat baru
d.      Disertasi
Adalah karya tulis yang diajukan untuk memperoleh gelar doktor dari perguruan tinggi
e.      Prosiding ( Proceeding )
f.        Pracetak ( Preprint )
g.       Lepas Cetak ( Off Print )
h.      Dokumen Primer Internal, dsb




     Karakteristik dokumen primer:
a.       Asli, karena  dokumen  primer  dikarang  atau ditulis langsung oleh penulisnya maka sifat dokumen primer asli,
b.      Menampilkan pengetahuan baru 


2.      Dokumen Sekunder
Merupakan dokumen yang mengacu ke dokumen primer. Dokumen sekunder tidak akan mungkin ada bilamana tak ada dokumen primer karena isi dokumen sekunder merupakan pemerian dokumen primer atau deskripsi dan informasi tentang dokumen primer. Karena lazimnya mencangkup buku rujukan maka dokumen sekunder seringkali di sebut dokumen bibliografi atau terbitan informasi, karena berisi informasi tentang dokumen lain.
Secara umum dokumen sekunder terbagi atas 3 kategori yaitu :
·         Dokumen yang mengindeks bagian terpilih atau bagian tertentu ( bersifat selektif ) dari dokumen primer. Dengan cara mengindeks secara terpilih ini maka bantuan dokumentasi sekunder secara pemakai perpustakaan dapat menemukan apa aja. Dokumen yang pernah di terbitkan mengenai sebuah subjek, di mana lokasinya, bagaimana cangkupannya apakah bersifat retrospektif atau muktahir.
·         Dokumen yang berisi survei atau tinjauan dari bagian tertentu yang terdapat pada dokumen primer. Dengan adanya terbitan sejenis ini maka pemakai dapat memperoleh tinjauan kepustakaan mengenai suatu subjek, latar belakang serta perkembangaannya yang mukthir. Dengan kategori ini termasuk “ review ” atau tinjauan, tinjauan literatur, analisis dokumen, survei dokumen, monograf.
·         Dokumen yang berisisi informasi dan disajikan secara singkat, disusun secara demikian rupa sehingga memudahkan pemakai untuk mencari informasi yang diinginkan. Dokumen ini berisisi fakta mengenai berbagai hal, formula atau rumus.
Jenis – jenis Dokumen Sekunder :
a.      Ensiklopedia
Adalah sebuah dokumen atau lebih yang memuat penjelasan atau informasi mengenai semua cabang ilmu pengetahuan atau terbatas pada satu subyek saja lazimnya disusun menurut abjad.
b.      Bibliografi
Adalah dokumen yang berisi rujukan bibligrafis pada dokumen primer atau sumber informasi lain yang berhubungan sebuah subyek atau orang.
c.       Buku Panduan
Dikenal juga dengan nama Handbook yaitu yang disusun untuk memudahkan pemakai dalam berbagai bidang.

Karakteristik dokumen sekunder:
a.       Praktis,karena dokumen sekunder bersifat praktis maka pennguna lebih  memilih menngunakan dokumen sekunder,
b.      Disusun secara sistematis,biasanya disusun secara alfabetis,
c.       Rujukan,dokumen sekunder biasanya digunakan sebagai bahan rujukan.
       




3.       Dokumen Tersier
Dokumen tersier ini di buat berdasarkan dokumen primer atau sekunder. Dokumen tersier mengumpulkan, menyarikan, memindahkan informasi semula untuk diolah, kembali sesuai dengan kebutuhan publik.
Jenis – jenis Dokumen tersier :
a.      Buku Ajar
Adalah sebuah karya baku yang digunakan untuk pendidikan dan pengajaran.
b.      Direktori
Adalah sebuah senarai nama dan alamat orang, organisasi, majalah, produsen, surat kabar
c.       Bibliografi dari Bibliografi
Adalah daftar bibliografi, jadi sebuah terbitan yang memuat bib liografi yang ada dalam satu atau banyak subyek















Daftar Pustaka
Sulisto - Basuki. 1996. Dasar – dasar dokumentasi. Jakarta : Universitas Terbuka
Sulistyo-Basuki. 1992. Teknik dan Jasa Informasi. Jakarta :Gramedia pustaka utama
“Bahan ajar Pengantar Ilmu Informasi”.2 April 2009.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment